Wisata-Sejarah-di-Bandung
Info Wisata Terbaru

Wisata Sejarah di Bandung, Monumen Bandung Lautan Api

Sewa Bus Bandung – Monumen Bandung Lautan Api dibangun dengan tujuan untuk memperingati kejadian saat Bandung Selatan dibakar habis di bawah kepemimpinan Muhammad Toha. Monumen yang menjadi pusat perhatian setiap tanggal 23 Maret ini terletak di sisi utara Alun-alun Tegallega dan merupakan salah satu monumen terkenal di Bandung yang dibangun pada tahun 1981. Monumen dengan desain patung berupa nyala api.

Di atas sangat erat kaitannya dengan sejarah kronologi Bandung lautan api yang mencerminkan pengorbanan dan perjuangan rakyat Bandung melawan Belanda pada tahun 1946. Dibangun berdasarkan desain yang dirancang oleh Sunaryo yang merupakan seniman kontemporer dan mantan dosen seni rupa di Institut Teknologi Bandung, Monumen Bandung Lautan Api memiliki warna kuning keemasan seperti api yang menyala sebagai pengingat peristiwa Bandung Lautan Api.

Tugu tersebut didukung oleh tiga penyangga beserta kolam di bawahnya yang menambah kehebatan dan keindahannya. Di sekitar monumen juga terdapat pagar besi yang berfungsi untuk melindunginya dari ulah nakal pengunjung. Rangkuman kejadian Bandung Lautan Api sendiri berawal dari saat Belanda mengeluarkan perintah untuk mengevakuasi Bandung. Indonesia yang pada saat itu telah memproklamasikan kemerdekaannya masih diserang oleh sekutu yang tidak mau melepaskan wilayah jajahannya.

Masyarakat Bandung yang tidak rela wilayahnya yang sudah merdeka diambil alih oleh penjajah memutuskan untuk membakar semua rumah dan harta benda mereka dan melarikan diri dari Bandung ke pegunungan hanya dalam waktu 7 jam. Api besar tak terhindarkan di Bandung pada Maret 1946 dan dikenal sebagai Peristiwa Api Samudra Bandung.

Keseruan yang bisa dilakukan di tempat ini

Oleh karena itu, Anda tidak perlu bertanya-tanya apa yang harus dilakukan di destinasi wisata ini, bukan? Anda bisa melihat bagaimana sejarah masyarakat Bandung memperjuangkan kemerdekaan dan melihat lukisan mural di dinding monumen. Kalaupun bisa, Anda bisa mendoakan para pahlawan agar suasana sakral di sekitar monumen semakin terasa. Kehebatan lukisan mural ini juga bisa Anda abadikan di kamera sebagai kenangan kunjungan Anda ke sana.

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Monumen Bandung Lautan Api antara lain piknik bersama keluarga dan teman, olahraga pagi seperti jogging. Ketika hari menjelang malam, disekitar monumen akan banyak ditemukan para penjual makanan ringan. Namun ingat untuk menjaga kebersihan area di sekitar monumen. Masalahnya, sekadar mengamati dan berdoa tidak lengkap tanpa kesadaran akan lingkungan. Tugu ini buka 24 jam setiap hari alias tidak pernah ada hari libur.

Informasi Umum Tentang Monumen Bandung Lautan Api

Tempat tempat wisata ini berada di Jl. BKR, Ciateul, Kabupaten Regol, Bandung. Untuk bisa masuk Bandung Lautan Api tidak perlu membayar sepeserpun lho alias gratis. Sangat cocok untuk anda yang sedang kuliah, sekolah ataupun yang tidak mempunyai uang untuk pergi berlibur.

Beberapa tips dan saran untuk Anda saat berkunjung ke Monumen Bandung Lautan Api adalah persiapkan segala kebutuhan Anda beserta beberapa barang tambahan. Baik itu kamera untuk mengambil gambar, peralatan kesehatan seperti sabun, tissue basah, dan antiseptik. Selain itu yang terpenting juga persiapkan fisik dan kendaraan anda agar semuanya berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan yang dapat merusak wisata anda. Dan juga jangan lupa untuk menjaga diri baik itu fisik maupun mental, dan juga selalu berhati-hati dan waspada terutama dalam melindungi barang berharga pribadi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *