Budaya-dan-Tradisi-Jepang-Yang-Sangat-Menarik
Seputar Mancanegara

Budaya dan Tradisi Jepang Yang Sangat Menarik

Berita Terbaru – Setiap daerah pasti akan memiliki budaya atau kebiasaan yang sudah turun temurun. Nah sebenarnya apasih yang disebut budaya itu? Budaya merupakan cara hidup yang berkembang dan diteruskan oleh sekelompok orang. Tidak hanya sampai situ, nantinya hal ini akan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terdiri dari banyak elemen kompleks, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, peralatan, pakaian, bangunan, dan karya seni. Jadi budayanya cukup kompleks. Budaya kita sendiri sudah sangat banyak, budaya jepang juga tidak kalah.

Negara kita Indonesia membentang dari barat ke timur, sedangkan Jepang membentang dari selatan ke utara. Keduanya tentu saja sangat berbeda. Pengaruh daerah dan lainnya akan melahirkan keanekaragaman budaya yang berbeda. Kali ini mari kita lihat apa itu budaya Jepang, mulai dari budaya tradisional Jepang hingga budaya modern yang populer hingga berbagai belahan dunia.

Pakaian Tradisional Jepang

Jepang memiliki pakaian tradisional yang bernama Kimono, banyak orang yang sudah mengetahui bahwa kimono adalah pakaian tradisional Jepang. Dulu kimono digunakan untuk kegiatan sehari-hari, namun sekarang kimono hanya digunakan pada acara-acara khusus. Kimono bisa dikenakan oleh pria atau wanita, kimono untuk pria umumnya lebih simple dalam desain.

Motif dan warna yang biasanya didominasi oleh warna-warna gelap seperti hijau tua, coklat tua, biru tua atau hitam, sedangkan kimono untuk wanita dikenal memiliki beberapa jenis. untuk menunjukkan usia pengguna, status perkawinan, dan tingkat formalitas acara yang dihadiri. Selain itu kimono wanita juga memiliki aksesoris tambahan yang cukup banyak.

Upacara Minum Teh

Upacara minum teh atau yang dikenal dengan Chad? atau Sad?. Upacara yang mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang meliputi antara lain tujuan hidup, cara berpikir, agama, penghargaan terhadap peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni di ruang upacara minum teh (chashitsu).

Ikebana

Ikebana juga merupakan salah satu budaya jepang yang sudah dari dulu ada. Ikebana  ini merupakan sebuah seni merangkai bunga yang berasal dari Jepang. Bunga mendapat kehormatan dalam budaya Jepang, karena Bungan dianggap sebagai tempat tinggal Tuhan, sang pencipta. Bunga disusun dalam bentuk tertentu dan ditempatkan di altar utama. Awalnya membuat bunga sangat sederhana, namun sekarang ini membuat bunga semakin sulit dan rumit serta membutuhkan pembelajaran keterampilan dalam membuatnya.

Shogi

Shogi ini adalahmerupakan permainan papan seperti layaknya catur. Permainan papan Jepang ini dimainkan oleh dua orang pada papan 9 baris dengan warna yang sama. Ciri khas shogi yang sangat membedakan dengan catur adalah sistem memainkan kembali bidak lawan yang sudah ditangkap. Bahkan setelah dipromosikan, buah yang ditangkap akan kembali ke peringkat semula. Kedua belah pihak yang bermain dibagi menjadi sente dan gote. Pemain sente memainkan langkah pertama, diikuti oleh pemain gote begitu seterusnya sampai selesai.

Origami

Origami berasal dari kata ori yang artinya melipat, dan kami yang artinya kertas -adalah seni melipat kertas tradisional yang telah berkembang menjadi bentuk seni modern. Origami sudah dikenal di banyak negara, pada umumnya untuk membuat origami kita bisa menggunakan kertas biasa tetapi kebanyakan origami di jepang menggunakan kertas khusus untuk origami. Sebenarnya perbedaan antara kertas biasa dan kertas origami hanya pada segi desain dan warnanya saja.

Sehingga membuat origami semakin indah dan sama sekali tidak berhubungan dengan teknik seperti melipat kertas. Telah dijelaskan beberapa kesenian dan budaya yang ada di Jepang. Jepang memiliki ragam budaya dan kesenian yang di kenal banyak orang di luar negri, karena keunikan budayanya ini banyak pihak luar yang tertarik dengan budaya yang dimiliki jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *